Selasa, 05 Juli 2011

jambu air

A. JAMBU AIR

Tanaman jambu air diklasifikasikan sebagai berikut :
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnolyopsida
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Syzygium
Spesies : Syzygium aqueum
Syzygium samarangense

Jambu air yang selama ini kita kenal jenisnya ada dua macam, yaitu jambu air kecil (Syzygium aqueum) mempunyai ciri-ciri : ukuran buah kecil, warna kulit buah merah atau putih dan rasa buah asam. Jambu semarang atau jambu air besar (Syzygium samarangense) mempunyai ciri-ciri : ukuran buah sedang sampai besar, warna kulit buah bervariasi dari hijau muda sampai merah gelap, rasa buah manis segar sampai manis sekali, tekstur daging buah lembut sampai renyah. Varietas jambu air kecil diantaranya : Jambu air kancing merah, jambu air kancing putih, jambu air kancing mutiara, dan jambu air neem. Varietas jambu air besar yang sudah dikenal diantaranya : Jambu air citra, jambu air lilin merah, jambu air apel dan masih banyak lagi. Kedua jenis jambu air ini tampak hampir serupa secara fisik, padahal keduanya memiliki perbedaan yang tidak sedikit, jambu air kecil merupakan jenis jambu yang berasa masam atau lebih dikenal sebagai jambu air 'sebenarnya’.

A.1. Asal dan Penyebaran Jambu Air
Jambu air kecil diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Sedangkan jambu air besar merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tahun 1903, jambu air besar mulai dibudidayakan di negara lainnya, seperti Jamaika, Suriname, Kepulauan Curacao, Aruba dan Bonaire.
Saat ini, jambu air kecil maupun jambu air besar telah banyak ditanam dan dikembangkan ke berbagai bagian dunia seperti di India, Bangladesh, Thailand, Cina termasuk Taiwan dan pulau-pulau di Samudra Pasifik, juga di Amerika Tengah dan Selatan.

A.2. Morfologi
Jambu air rnerupakan tanaman berkayu yang dapat tumbuh hingga tinggi 12 meter. Percabangan pada batang utama, mulai tumbuh dekat dengan tanah. Daun jambu air pada umumnya sama, tungaal dan terletak berhadapan, ujung daun runcing dan pangkal daun membulat. Saat daun diremas akan tercium sedikit aroma khas menyerupai aroma daun Salam (Syzygium polyanthum). Bunga jambu berwarna putih hingga kuning pucat dengan empat sepal dan empat petal dan jumlah stamen (benang sari) yang banyak dan mudah berguguran. Perbedaan yang mudah terlihat antara buah jambu air kecil dan buah jambu air semarang terletak pada ukuran, warna kulit buah, aroma serta rasa daging buah. Pada jambu air kecil, sesuai dengan namanya, buah jambu ini berukuran lebih kecil, berwarna putih hingga merah muda, dengan aroma yang tidak tajam dan rasa daging buah yang masam segar hingga sedikit manis, terkadang agak sepat. Berbeda dengan jambu air semarang, buahnya berukuran lebih besar, berwarna merah, hijau hingga merah kecokelatan, lapisan luar kulit buah tampak mengkilap seperti berlapis lilin, dengan aroma buah dan rasa daging buah yang manis-segar sampai manis sekali.

A.3. Nilai Gizi dan Manfaat
Jambu air mengandung banyak air, hampir 90% kandungan buahnya merupakan air.
Namun bukan berarti jambu air tidak mengandung zat bergizi bagi tubuh. Jambu air juga mengandung kalori, protein, lemak, dan lain-lain.


Nilai kalorinya cukup rendah hingga tidak cepat mengenyangkan, rasanya yang manis dan kandungan airnya yang menyegarkan akan membuat kita mudah untuk mengkonsumsi jambu air dalam jumlah yang banyak. Selain itu jambu air juga merupakan sumber mineral besi, kalsium, fosfor dan vitamin C.

A.4. Aneka Varietas Jambu Air
Varietas jambu air dapat dibedakan melalui bentuk buah, warna kulit, rasa serta bentuk tajuk pohon dan daunnya. Beberapa varietas jambu air yang terkenal;

1. Jambu air citra
Jambu air ini ditemukan Dr. Moh. Reza Tirtawinata, pada tahun 1990 di Anyer, Banten. Varietas ini telah dilepas sebagai salah satu buah unggul nasional dan merupakan varietas jambu air yang paling unggul dibandingkan jenis jambu air lainnya. Keunggulannya terletak pada sosok buahnya yang besar dan bentuk buah yang seperti lonceng. Warna kulit buah merah tua mengkilap menembus bagian dalam daging buah yang tebal dan empuk. Teksturnya halus tanpa biji. Rasa manis dan kering (12 - 150 brix).
Tanaman mulai berbuah umur 2,5 - 3 tahun sejak tanam di lahan. Di pasaran dan toko-toko buah jambu air citra terkenal dengan nama jambu air bangkok super bahkan di Thailand jambu air ini terkenal dengan sebutan ‘Thong Sam Sie’ yang artinya emas tiga warna. Harga buah mencapai Rp 25.000- Rp 50.000 per kg isi 5-7 buah. Kebun jambu air citra kini telah menyebar secara luas di Thailand, Taiwan, Vietnam dan Malaysia. Sentra Produksi di Indonesia adalah Kabupaten Demak, Subang dan Tangerang.

2. Jambu air lilin hijau
Berasal dari Cikampek. Bentuk buah panjang (6 - 9 cm) dengan kulit buah berwarna hijau sampai hijau muda. Bobot buah sedang 70 – 120 gram per buah. Tekstur daging buah renyah dan berbiji 1-3. Keistimewaan jambu ini rasanya sangat manis (14 - 160 brix), meskipun buah belum masak.

3. Jambu air lilin merah
Berasal dari Bekasi. Bentuk buah panjang seperti lonceng (5-8 cm) dengan kulit berwarna merah muda sampai merah terang. Bobot buah sedang 60-100 gram per buah. Tekstur daging buah renyah, sedikit berair dan tidak berbiji . Rasa buah manis (100-120 brix). Keistimewaan jambu ini buahnya cukup lebat dalam satu dompolan jumlah buahnya mancapai 8 – 12 buah.

4. Jambu air apel super
Berasal dari Tangerang. Bentuk buah bulat seperti apel dengan kulit berwarna hijau kecokelatan. Bobot buah sedang 80-120 gram per buah. Tekstur daging buah renyah, kering dan berbiji 1-3. Rasa buah manis (10- 120 brix).





5. Jambu air irung petruk
Berasal dari Yogyakarta. Disebut Irung Petruk karena sosok buah panjang (6,5 - 9 cm) dan agak bengkok separti hidung petruk, Salah satu tokoh Punakawan dalam pewayangan. Bobot buah sedang 85-110 gram per buah.
Warna kulit buah merah gelap, tekstur daging buah renyah dan berbiji 1-3. Rasa buah manis (13-l6° brix). Keistimewaan jambu air ini adalah pohonnya mampu berbuah tiga kali dalam setahun.

6. Jambu air kancing
Jambu air kancing merupakan jambu air dari jenis jambu air kecil (Syzygium aquaeum). Keunikan jambu air ini adalah bentuk buahnya menyerupai kancing. Ukuran buah kecil, warna kulit buah ada yang putih dan ada pula yang berwarna merah. Rasa buah manis-segar (7-9° brix), tekstur renyah dan buah berbiji 1- 2. Pohon mampu menghasilkan buah setahun tiga kali.

7. Jambu air neem
Jambu air ini banyak dijumpai di sekitar Padalarang, Jawa Barat. Buahnya sering dijadikan bahan rujak buah karena citarasanya yang manis- segar. Tanamannya paling mudah ditemukan di sekitar pekarangan rumah. Bentuk buah bulat gepang, warna kulit buah merah muda sampai merah terang. Bobot buah sedang 50-80 gram per buah.

8. Jambu air sukaluyu
Disebut jambu air sukaluyu karena jambu air ini berasal dari Desa Sukaluyu, Bandung, Jawa Barat. Ukuran buah besar, bobot 90-150 gram per buah. Warna kulit buah muda putih kehijauan dan berubah putih semburat merah muda ketika buah mateng. Tekstur daging buah renyah, agak berair tanpa biji. Rasa buah manis segar (9-12°brix).


9 Jambu air makarsari
Jambu air ini berasal dari Taman Wisata Mekarsari, Bogor. Buah jambu air ini terhitung unik sebab buahnya muncul di batang utama, padahal umumnya buah jambu air muncul di ujung tajuk, ranting atau cabang batang.
Buah berwarna hijau semu merah muda letaknya menggerombol di batang, satu dompo1 bisa berisi 13-15 buah. Bobot buah sedang 90-130 gram per buah. Tekstur daging buah lembut dan tidak berbiji. Rasa buah manis (12-14° brix)

10 Jambu air mutiara super
Berasal dari Tangerang. Bentuk buah bulat agak gepang, warna kulit buah merah tua, tekstur daging buah renyah dan tidak berbiji. Rasa buah manis-segar (8-10° brix). Keistimewaan jambu air ini adalah bobot buah besar 110-120 gram per buah. Tanaman ini berbuah dua kali dalam setahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar