Sabtu, 04 Desember 2010

CBT

Terapi perilaku kognitif (atau terapi perilaku kognitif atau CBT) adalah suatu pendekatan psikoterapi, terapi bicara, yang bertujuan untuk memecahkan masalah tentang disfungsional emosi, perilaku dan kognisi melalui prosedur, berorientasi pada tujuan yang sistematis. Judul digunakan dalam berbagai cara untuk menunjukkan terapi perilaku, terapi kognitif, dan untuk merujuk ke terapi kombinasi berdasarkan penelitian perilaku dan kognitif dasar.

Ada bukti empiris bahwa CBT efektif untuk pengobatan berbagai masalah, termasuk suasana hati, kecemasan, kepribadian, makan, penyalahgunaan zat, dan gangguan psikotik Pengobatan. Sering manualized, dengan spesifik teknik-driven singkat , langsung, dan perawatan waktu terbatas untuk gangguan psikologis tertentu. CBT digunakan dalam terapi individual maupun pengaturan grup, dan teknik yang sering diadaptasi untuk aplikasi self-help. Beberapa dokter dan peneliti yang lebih berorientasi kognitif (misalnya restrukturisasi kognitif), sementara yang lain lebih berorientasi perilaku (dalam terapi pemaparan in vivo). intervensi lain mengkombinasikan keduanya (terapi eksposur misalnya imaginal) .

CBT ini terutama dikembangkan melalui penggabungan terapi perilaku dengan terapi kognitif. Sementara berakar pada teori yang agak berbeda, kedua tradisi ditemukan landasan bersama dalam memfokuskan pada "di sini dan sekarang", dan pada gejala mengurangi program pengobatan Banyak CBT untuk gangguan tertentu telah dievaluasi efikasi dan efektivitas, perawatan kesehatan. tren pengobatan berbasis bukti, di mana perawatan khusus untuk diagnosis berdasarkan gejala disarankan, telah disukai CBT atas pendekatan lain seperti perawatan psikodinamik. Di Inggris, Institut Kesehatan Nasional dan Clinical Excellence merekomendasikan CBT sebagai pengobatan pilihan bagi sejumlah masalah-masalah kesehatan mental, termasuk gangguan stress pasca-trauma, OCD, bulimia nervosa, dan depresi klinis, dan untuk kondisi sindrom kelelahan neurologis kronis / encephalomyelitis myalgic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar